A. Visi SD Negeri 1 Peusangan adalah :
“ MEWUJUDKAN
PESERTA DIDIK YANG BERIMAN,
BERTAQWA, BERAKHLAK MULIA, CERDAS, TERAMPIL,
KREATIF DAN PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN “
B.
Misi SD Negeri 1 Peusangan adalah :
1.
Menumbuh
kembangkan kecerdasan spiritual melalui pembiasaan
kegiatan beribadah, berdoa, bersyukur dan toleransi
2.
Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama
yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
3.
Melaksanakan pembelajaran ynag menumbuhkan
kebiasaan siswa untuk jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya
diri dan cerdas
4.
Melaksanakan tata tertib sekolah secara
konsisten dan konsekuen.
5. Menumbuhkan budaya
disiplin,santun, antrian, dan tanggung jawab pada semua warga sekolah.
6. Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang efektif,
demokratis, menantang, menyenangkan, dan mengasyikkan
7.
Melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik meliputi: mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi/bereksperimen, mengolah informasi/ mengasosiasi, mengkomunikasikan/mempresentasikan
8.
Melaksanakan penilaian otentik yang terintegrasi
dengan aktivitas belajar peserta didik sehari-hari dalam pembelajaran, baik di
kelas maupun di lingkungan sekolah.
9. Melaksanakan
penilaian otentik yang dilakukan untuk keberhasilan proses pembelajaran,
penilaian sebagai dan untuk pembelajaran (Assessment as learning and for
learning).
10. Melaksanakan
penilaian otentik yang menggunakan multidata, menggunakan banyak cara untuk
mendeskripsikan karakter peserta didik serta berbagai sumber informasi, baik
primer maupun sekunder.
11. Melaksanakan
penilaian otentik yang edukatif, memiliki fungsi
mendidik, membina, mengembangkan karakter positif peserta didik, dan tidak
bersifat menghukum.
12. Melaksanakan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik
mempelajari dan menguasai esensial keterampilan berpikir kritis dan pemecahan
masalah; berpikir kreatif dan inovatif; berkolaborasi dan berkomunikasi efektif.
13.
Melaksanakan kegiatan
supervise kelas dan hasilnya
dimamfaatkan untuk peningkatan mutu proses pembelajaran
14.
Melaksanakan kegiatan
Penilaian Kinerja Guru secara efektif dan hasilnya dimamfaatkan untuk kegiatan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
15. Menumbuhkan
sikap gemar membaca dan selalu haus akan pengetahuan serta mandiri dalam
belajar berbuat dan bertindak di rumah maupun di sekolah
16. Melaksanakan
pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat
sehingga setiap peserta didik memiliki keunggulan.
17. Melaksanakan
pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat
sehingga setiap peserta didik memiliki keunggulan dalam berbagai
lomba akademik/ non akademik.
18. Menumbuhkembangkan kecintaan
terhadap seni budaya dan lingkungan
C.
Tujuan SD Negeri 1 Peusangan adalah :
1.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan bertakwa
kepada Tuhan
YME level (Berkembang), yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran melalui pembiasaan:
(1) integrasi pengembangan sikap
beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran, (2) berdoa
setiap memulai dan mengakhiri kegiatan, (3) santun dalam berbicara dan
berperilaku, (4) Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah, (5)
mengucapkan salam saat masuk kelas, (6) melaksanakan kegiatan ibadah, (7)
mensyukuri setiap nikmat yang diperoleh, (8) menumbuhkan sikap saling menolong/
berempati, (9) menghormati perbedaan, (10) antre saat bergantian memakai
fasilitas sekolah/madrasah.
2.
Siswa memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap social level (Berkembang), pada karakter:(1)
jujur dan bertanggung jawab, (2) peduli, (3) gotong-royong dan demokratis, (4) percaya diri, (5) nasionalisme yang diperoleh melalui
kegiatan pembelajaran dan pembiasaan,
3.
Siswa memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap pembelajar sejati sepanjang
hayat level (Berkembang), yang diperoleh dari pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi sekolah
4.
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan
rohani level (Berkembang), melalui keterlibatan dalam kegiatan kesiswaan, berupa:(1) olahraga,
(2) seni, (3) kepramukaan, (4) UKS, (5) keagamaan, (6) lomba yang terkait
dengan kesehatan jasmani dan rohani.
5.
Siswa memiliki pengetahuan: (1) faktual, (2) konseptual, (3)
prosedural,(4) metakognitif.
6.
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh kemampuan untuk
melakukan kegiatan seni dan budaya local.
7.
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan informasi tentang lingkungan
sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber
belajar berupa: (1) bahan ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4)
alat peraga, (5) internet.
8. Berkembangnya
budaya mutu pada semua warga sekolah
9. Mengembangkan
lingkungan dan budaya sekolah yang
mendukung gerakan literasi
10. Meningkatkan
prestasi siswa dalam Kompetensi Sains Nasional Tingkat Kecamatan
11. Meningkatkan
prestasi siswa dalam Kompetensi Olah raga Nasional Tingkat Kecamatan
12. Meningkatkan
prestasi siswa dalam FLS2N Tingkat Kecamatan
13. Seluruh siswa
kelas 4, 5 dan 6 memiliki kemampuan membaca Alquran dengan benar
14. Semua siswa mengikuti GAFANSARI
15. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar
0 komentar:
Posting Komentar